Pages

Minggu, 12 Februari 2017

Sudut Sukowono

Minggu, 12 Februari 2017
SUDUT Sukowono hanyalah sebuah nama group/perkumpulan yang bermula di Facebook, dan mengerucut pada nama sebuah kecamatan di kabupaten Jember yaitu kecamatan Sukowono. Melihat dari namanya yang sederhana, sudah pasti ia berbicara seputar hal-hal ringan yang terjadi di Sukowono. Memang, Sudut Sukowono hadir untuk mengusung gagasan itu, tentang mendokumentasikan segala hal di Sukowono, dari berbagai sisi, baik itu sejarah, cerita rakyat, legenda, kuliner, gaya hidup, fashion, foto-foto, jenis satwa yang ada di Sukowono, jajaran pohon perindang jalan, dan lain sebagainya.

Kecamatan Sukowono sendiri terdiri atas duabelas desa. Bila ingin mengerti nama-nama desa di kecamatan Sukowono, silakan klik 'open' pada spoiler di bawah ini.

12 Desa di Sukowono:

1. Sukowono
2. Sukokerto
3. Arjasa
4. Mojogemi
5. Pocangan
6. Sumberwringin
7. Sumberdanti
8. Balet Baru
9. Dawuan Mangli
10. Sumberwaru
11. Sukosari
12. Sukorejo
Sebagai wadah komunitas kelas tepian yang berupa perkumpulan (bukan yayasan, bukan lembaga swadaya masyarakat, bukan pula ormas), sudah direncanakan bahwa semisal 'Sudut Sukowono' hendak menggelar sebuah acara kecil, maka ia akan membiayai dirinya dengan cara iuran atau menjual sesuatu, misalnya menjual stiker. Dipersilakan pula bagi warga yang ingin menjadi donatur, asal atas nama pribadi. Mengenai dana ini, ia hanya berlaku apabila Sudut Sukowono sedang punya gawe. Misalnya, bikin acara sablon gratis. Agar bisa gratis, maka kita butuh iuran sejumlah seratus hingga seratus lima puluh ribu rupiah, agar bisa membeli cat sablon dan lain-lain yang dibutuhkan.

Agar tidak keliru memahami Sudut Sukowono, ia digagas oleh segelintir para muda Sukowono tanpa ada maksud lain selain hanya ingin mengerti lebih dalam lagi mengenai tanah kelahiran sendiri, Sukowono. Kata orang, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Bila sudah tak cinta, maka cuek-lah jadinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Sukowono © 2017